Oleh Ma’ruf Kasim 

Saat deru ombak menerpa pantai, kehidupan pesisir pantai kembali tersiram oleh kesejukan yang memberi banyak energi pada berjuta hewan pesisir pantai. 

Kawasan pesisir pantai seperti halnya kawasan lainnya yang menjadi rumah bagi berjuta organisma kecil (hewan dan tumbuhan) sungguh unik dan menyimpan berjuta panorama yang mempesona.  Jarang terpikir oleh kita, kawasan pinggir pantai dengan batuan cadas, ternyata menjadi “rumah” bagi begitu banyak hewan kecil dan tumbuhan “alga” kecil.  Lantas kenapa hewan kecil bisa hidup dan bertahan dengan dinamikan pantai yang begitu dinamis dengan hempasan dan deru ombak yang terus menerus menerpanya ?.

Ini pertanyaan khas yang ada pada benak kita umumnya.

Sebagai gambaran, bentuk tubuh dan pola kehidupan hewan pantai akan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.  Kebanyakan hewan-hewan pesisir pantai menyebar pada daerah yang terus terendam dengan air (subtidal) dan daerah yang sesekali terendam oleh genangan air dan sesekali terexpose oleh sinar matahari dan bahkan kedaerah yang hanya sesekali terkena hempasan ombak. 

Umumnya hewan pantai dengan formasi pantai batuan, banyak di didominasi oleh hewan-hewan pantai dengan kulit keras (seperti mollusca berkulit keras) dan atau hewan-hewan kecil yang lincah bergerak seperti kepiting. 

Hewan seperti Chiton yang hidup di permukaan batuan akan sangat menggantungkan kehidupannya pada lumut yang tumbuh di atas batuan pinggir pantai. Hewan ini mempunyai ukuran yang kecil dengan cangkang atau kulit yang sangat keras sehingga jika pun ombak terus-menerus menerpa pantai, mereka umumnya tetap dapat bertahan melekat kuat pada permukaan batuan.

Lain halnya dengan kepiting yang hidup pada sela-sela batuan, kelincahan bergerak dan mencari makan memudahkan hewan kecil ini mengabiskan sebagian hidupnya dengan bengan bermain pada pesisir pantai batuan. Di samping berpuluh jenis teritip yang melekat statis pada batuan, akan aktif menangkap mangsanya (phytoplankton) saat pasang tiba dan sebagian batuan terendam oleh air.  Dan bahkan ada beberapa jenis yang sanggup hidup bertahan pada daearha yang hanya sesekali terkena hempasan gelombang.

Dinamika unik hewan-hewan kecil yang hidup pada pesisir pantai batuan umunya beasosiasi denga tumbuhan kecil yang di kenal dengan alga.  Bahkan ada beberapa hewan yang langsung memakan alga tersebut, namun tidak sedikit yang hanya memakan hewan lain yang ukurannya lebih kecil yang melekat pada pemukaan alga tersebut.©Ma’ruf Kasim