Tripneustes gratilla (Hewan unik penghuni Ekosistem lamun)

Posted on Updated on

Oleh Ma’ruf Kasim 

Pernah kita mengenai landak laut atau lebih populer dengan sebutan bulu babi yang dalam istilah ilmiahnya di sebut sea urchin. Hewan ini sangat beragam dan hidup di dasar perairan. Salah satu yang sangat unik dan menarik adalah T. gratilla.  Hampir seluruh hidupnya di habiskan untuk “bermain” dan tumbuh pada habitat lamun. Suatu tempat yang memang sangat cocok baginya.  Habitat lamun menyediakan “rumah yang aman” baginya.  Daun lamun yang segar merupakan makan utama dan dasar lamun yang berpasir dan penuh dengan jajaran ryzom yang kuat merupakan tempat yang aman terhadap serangan predator.

T. gratilla mempunyai dua warna khas yang unik.  Duri merah dan cangkang putih atau sebaliknya duri putih dengan cangkang merah. dan tidak jarang kita menemui warna duri merah dengan cangkang hitam dan kadang kombinasi dari keseluran warna (merah, hitam dan putih).

 

Keunikan cara hidup T. gratilla merupakan daya tarik tersendiri untuk lebih mengenali hewan ini. T. gratilla hidup dengan memakan daun lamun secara langsung atau terlebih dahulu menyobek helaian daun lamun untuk di letakkan pada punggungnya dan menjadi persediaan makanan baginya. di samping sebagai persediaan makanan, daun lamun tadi juga sebagai covering terhadap serangan predator yang bisa datang sewaktu-waktu.  Padatnya daun lamun atau potongan daun alga yang ada di punggung hewan ini menyulitkan bagi predator untuk mengenalinya. 

Photo Credit www.scuba-equipment-usa.com

Advertisements

4 thoughts on “Tripneustes gratilla (Hewan unik penghuni Ekosistem lamun)

    zainul said:
    September 21, 2006 at 3:48 am

    ini dari pengalaman saya ketika di padang lamun di daerah pulau panjang jepara, saya justru menemukan banyak sekali Teripang. tetapi tidak menemukan bulu babi, justru bulu babi sering saya temukan di daerah terumbu karang. mengapa?mohon penjelasan?

    bunga poppy said:
    July 11, 2008 at 5:33 am

    tripneus gratilla hidup di daerah lamun yang berkarang, suka ngumpet diantara dedaunan lamun. sering keinjek loh klo saya lewat padang lamuh. warna dominannya putin n merah n ada pula yang memiliki banyak warna.
    menanggapi comment mas zainul, di jepara sebelah mana?ko saya nyari teripang tidak ketemu? banyaknya bivalvi???

    kuli said:
    August 20, 2008 at 11:41 am

    bagus kuq webnya…

    tapih boonk…
    hahahaha

    anthi max said:
    August 20, 2009 at 1:29 am

    halo…aq orang wakatobi jadi uda sering makan bulu babi yang mentah ampe yg uda di rebu yah sikat aja,dari umur 3 taun aq uda makan bulu babi.cobain aja,enak kok….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s