Oleh Ma’ruf Kasim 

Pernah kita mengenai landak laut atau lebih populer dengan sebutan bulu babi yang dalam istilah ilmiahnya di sebut sea urchin. Hewan ini sangat beragam dan hidup di dasar perairan. Salah satu yang sangat unik dan menarik adalah T. gratilla.  Hampir seluruh hidupnya di habiskan untuk “bermain” dan tumbuh pada habitat lamun. Suatu tempat yang memang sangat cocok baginya.  Habitat lamun menyediakan “rumah yang aman” baginya.  Daun lamun yang segar merupakan makan utama dan dasar lamun yang berpasir dan penuh dengan jajaran ryzom yang kuat merupakan tempat yang aman terhadap serangan predator.

T. gratilla mempunyai dua warna khas yang unik.  Duri merah dan cangkang putih atau sebaliknya duri putih dengan cangkang merah. dan tidak jarang kita menemui warna duri merah dengan cangkang hitam dan kadang kombinasi dari keseluran warna (merah, hitam dan putih).

 

Keunikan cara hidup T. gratilla merupakan daya tarik tersendiri untuk lebih mengenali hewan ini. T. gratilla hidup dengan memakan daun lamun secara langsung atau terlebih dahulu menyobek helaian daun lamun untuk di letakkan pada punggungnya dan menjadi persediaan makanan baginya. di samping sebagai persediaan makanan, daun lamun tadi juga sebagai covering terhadap serangan predator yang bisa datang sewaktu-waktu.  Padatnya daun lamun atau potongan daun alga yang ada di punggung hewan ini menyulitkan bagi predator untuk mengenalinya. 

Photo Credit www.scuba-equipment-usa.com