Penyu Laut (Hewan cantik yang tergusur)

Posted on Updated on

 

Oleh : Ma’ruf Kasim

Gerakannya yang unik dan khas seakan menggambarkan kelihayan perenang dasar laut yang mempesona. Ini mungkin bisa menggambarkan betapa unik dan indah melihat penyu laut berenang bebas di bawah permukaan laut.  Dengan menggerakkan kedua kaki renang depan untuk mengontrol gerakan dan kecepatan, hewan ini bergerak gesit di dasar laut. Juga dengan bantuan kaki belakang sebagai penyeimbang seakan memberikan kesempurnaan gaya renang yang memukau. 

  

Ada beberapa jenis (species) penyu laut yang hidup di perairan .  Diantaranya penyu hijau atau dikenal dengan nama green turtle (Chelonia mydas), penyu sisik atau dikenal dengan nama Hawksbill turtle (Eretmochelys imbricata), penyu lekang atau dikenal dengan nama Olive ridley turtle (Lepidochelys olivacea), penyu belimbing atau dikenal dengan nama Leatherback turtle (Dermochelys olivacea), penyu pipih atau dikenal dengan nama Flatback turtle (Natator depressus) dan penyu tempayan atau dikenal dengan nama Loggerhead turtle (Caretta caretta). Dari jenis ini Penyu Belimbing adalah penyu terbesar dengan ukuran mencapai 2 meter dengan berat 600 – 900 kg.  Yang terkecil adalah penyu lekang dengan ukuran paling besar sekitar 50 kg.

Penyu hijau adalah salah satu jenis penyu laut yang umum dan jumlahnya lebih banyak di banding beberapa penyu lainnya.  Jenis seperti penyu belimbing di laporkan telah sangat berkurang jumlahnya dan termasuk salah satu jenis yang hampir hilang di perairan , hanya beberapa tempat yang masih sesekali menjadi tempat memijah bagi jenis penyu ini. Penyu belimbing adalah penyu yang di lindungi dan masuk dalam CITES (Convention on International Trade of Endangered Species) Appendix 1.  Meskipun jumlahnya lebih banyak di banding penyu lainnya, populasi penyu hijau tiap tahun berkurang oleh penangkapan dan membunuhan baik sengaja maupun tidak sengaja yang terperangkap oleh jaring . 

Penyu laut, umumnya bermigasi dengan jarak yang cukup jauh dengan waktu yang tidak terlalu lama.  Kita mungkin masih ingat salah satu adegan dalam film Nemo, saat induk jantan Nemo bertemu dengan gerombolan penyu hijau yang bermigrasi.  Tidak persis sama dengan pola migrasi penyu umumnya, namum jelas memberikan gambaran bahwa penyu laut bermigrasi sebagai rangkaian dari siklus hidupnya.  Pernah di laporkan migrasi penyu hijau yang mencapai jarak 3.000 km dalam 58 – 73 hari.  Beberapa penelitian lain mengungkapkan bahwa penyu yang menetas di perairan , di temukan di sekitar perairan dan Hawaii . 

Penyu laut khususnya penyu hijau adalah hewan pemakan tumbuhan (herbivore) namun sesekali dapat menelan beberapa hewan kecil.  Hewan ini sering di laporkan  beruaya di sekitar padang lamun (seagrass) untuk mencari makan, dan kadang di temukan memakan macroalga di sekitar padang alga.  Pada padang lamun hewan ini lebih menyukai beberapa jenis lamun kecil dan lunak seperti (Thalassia testudinum, Halodule uninervis, Halophila ovalis, and H. ovata). Pada padang alga, hewan ini menyukai (Sargassum illiafolium and Chaclomorpha aerea).  Pernah di laporkan pula bahwa penyu hijau memakan beberapa invertebrate yang umumnya melekat pada daun lamun dan alga.

Penyu laut adalah adalah hewan yang menghabiskan hampir seluruh hidupnya di bawah permukaan laut.  Induk betina dari hewan ini hanya sesekali kedaratan untuk meletakkan telut-telurnya di darat pada substrate berpasir yang jauh dari pemukiman penduduk.  Untuk penyu hijau, seekor Induk betina dapat melepaskan telur-telurnya sebanyak 60 – 150 butir, dan secara alami tanpa adanya perburuan oleh manusia, hanya sekitar 11 ekor anak yang berhasil sampai kelaut kembali untuk berenag bebas untuk tumbuh dewasa.  Beberapa peneliti pernah melaporkan bahwa presentase penetasan telur hewan ini secara alami hanya sekitar 50 % dan belum di tambah dengan adanya beberapa predator-predator lain saat mulai menetas dan  saat kembali kelaut untuk berenang.  Predator alami di daratan misalnya kepiting pantai (Ocypode saratan, Coenobita sp.), Burung dan tikus.  Dilaut, predator utama hewan ini antara lain ikan-ikan besar yang beruaya di lingkungan perairan pantai.

 

Sangat kecilnya presentase tersebut lebih diperparah lagi dengan penjarahan oleh manusia yang mengambil telur-telur tersebut segera setelah Induk-induk dari penyu tadi bertelur. 

Sangat di sayangkan memang, walaupun beberapa daerah pengeraman alami telur penyu jauh dari pemukiman penduduk, namun tidak luput dari perburuan illegal oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. 

Kondisi ini semakin menurunkan populasi penyu laut di lingkungan asli mereka.  Keunikannya tidak akan tampak lagi, saat banyak dari penduduk pantai merusak dan menjarah telur-telur meraka, memburuh induk-induk meraka dan merusak rumah-rumah mereka. 

Dewasa ini memang sangat mendesak adanya upaya manajeman perlindungan lingkungan asli hewan ini yang tidak hanya berlaku pada suatu kawasan perteluran hewan ini namun juga di beberapa daerah yang merupakan jalur migrasi hewan ini dalam mencari makan.

Upaya konservasi dan perlindungan harusnya bukan hanya di atas kertas saja namun lebih kearah praktek pemeliharaan yang rill guna menjaga kelangsungan hidup dan lingkungan alami hewan ini. 

Tentunya upaya ini akan bermuara ke realitas perlindungan lingkungan yang rill dan pemeliharaan biodiversity laut agar anak cucu kita masih dapat menyaksikan hewan ini berenang lincah di lautan bebas.  Semoga.

  All photo direct link from the source

176 thoughts on “Penyu Laut (Hewan cantik yang tergusur)

    rully said:
    February 10, 2006 at 7:44 am

    Very informative, I like it a lot
    thx

    Djuni Pristiyanto said:
    February 14, 2006 at 1:04 am

    saya buat resensi atas blog sampeyan ini. silahkan baca di :
    http://djuni.blogspot.com/2006/02/blog-lingkungan-ekosistem-pesisir.html

    salam,
    djuni

    Ma'ruf said:
    February 17, 2006 at 9:25 am

    Mas Djuni Makasih banyak atas perhatiannya.
    Salam hangat

    Ma’ruf Kasim

    y@2N said:
    February 28, 2006 at 3:42 pm

    Waktu semester kemarin ada dosen saya yang menwarkan untuk penelitian penyu hijau, akan tetapi harus memenuhi mata kuliah ekologi perairan dahulu. Jadinya saya tidak boleh ikut.

    deny said:
    March 11, 2006 at 5:10 am

    very informative!
    mas saya sedang menyusun skripsi ttg konservasi penyu berdasarkan MoU konservasi penyu & habitatnya, mas bisa bantu ga? klo boleh saya minta daftar literatur ttg konservasi penyu. thx alot 🙂

    achie said:
    May 3, 2006 at 1:32 pm

    halu mas, salam kenal..
    sy tertarik n suka banget ama penyu khususnya penyu hijau.
    pengen banget bikin skripsi ttg penyu..
    tapi belum tahu mu ttg apanya..
    kalo mas punya ide n info bout skripsi penyu,, bantuin yaa… =)

    btw, buat mas deny yang ngisi comment no.5, dah beres skripsinya? gmn, susah g? kesulitannya apa? bagi2 info ya…
    thanx bgt…

    iqbal said:
    May 23, 2006 at 4:53 am

    saya lagi nyusun skripsi ttg TED (Turtle Excluder Device/alat pemisah pengeluar penyu) pada jaring trawl, jadi sy butuh informasi ttg jalur lintasan dan t4 bertelur penyu2 di indonesia. Kalo ada yang mo bantu sy dengan tangan tangan terbuka akan menerimanya….he.he3x

    fernanda said:
    May 23, 2006 at 7:03 pm

    thanks yah, atas perhatiannya terhadap biota laut yang satu ini. karena mas ma’ruf buat ini, jadi ngebantu saya mengenang kembali mata kuliah sumberdaya hayati perairan waktu di kampus dulu. lumayan juga yang saya dah gak inget lagi…maklum lah bacaan sehari-harinya sekarang dah laen siiy :p

    laras said:
    July 1, 2006 at 3:49 pm

    very informative and very very helpfull !!!!
    saya sedang membuat laporan mengenai identifikasi, habitat dan karakteristik penyu, serta karakteristik tempat peneluran penyu lekang. bisakah mas ngasi info pada saya? secepatnya kalo bisa. kalo ga, ya gpp. thanx be4…..

    btw, salam kenal ya…. ^_^

    Sarah said:
    August 14, 2006 at 9:12 am

    Makasih banget , lho udah menyampaikan kayak gini . Ngebantu tugas gue banget ^_^

    ito said:
    September 11, 2006 at 1:51 am

    wah bagus banget, apakah ada info yang lainnya tentang penyu butuh banget nich buat tugas akhir saya. kalau bisa ada karakteristik fisik tentang tempat peneluran. terima kasih

    salam kenal buat semua

    tajudin said:
    September 13, 2006 at 4:59 am

    thanks atas infonya ttg penyu karena aku lagi ngerjakan laporan PKL habis dari pulau sangalaki, kecamatan derawan, Berau. KALTIM. eh mb’ n mas di atas susah g sih masalah penyu

    na2 said:
    September 22, 2006 at 12:40 am

    informasi ttg pola kehidupannya lebih dilengkapi terutama penyu hijau.

    topan said:
    September 22, 2006 at 3:42 am

    sangat informatif, thank’s. saya sedang menyusun skripsi mengenai konservasi penyu hijau, apa mas punya info yang lainnya ? kalo ada boleh saya boleh minta gak ?.Thank’s Be4…

    ria said:
    October 5, 2006 at 3:22 pm

    sy sedang buat makalah about penyu, tapi bahannya masih belum lengkap, apa mas bisa bantu saya? kalo bisa sih segera….thanks before yah……

    ophay said:
    October 28, 2006 at 4:36 pm

    slamlek…
    thank before saya juga punya tugas tentang reproduksi penyu kira2 mas bisa bantu nggak?

    aaaaaaaaaaa said:
    November 1, 2006 at 1:23 pm

    sdga

    budiyanto said:
    December 2, 2006 at 3:31 pm

    Mas, kami dari kusukabumiku mohon dukungan dan pendapatnya untuk menyelamatkan penyu hijau yang ada di daerah kami di Pantai Selatan Sukabumi – Jawa Barat, yakni di Panatai Pangumbahan dan Panati Citirem – “selamatkan penyu, sekarang juga dan selamanya !” trimakasih

    Edi Rudi said:
    December 4, 2006 at 1:59 pm

    Good, Bagus kali lah tulisan kayak beginikan ilmiah popular, cukup informatif, apalagi yang nulis ahlinya. (Hi Dr. Ma’ruf Kasim, How are you? Do you remember me? It me, Edi, your friend, IPB… IPB, masak elu lupa sih, yang boleh lupa tu Professor,… he he C U, don’t worry to contact me. O yach, my field of study in Doctoral Degree is Marine Science, especially Coral Reef, Sadarun bisa kenapa saya tidak he he…Aku baru aja tamat)

    Sutardjo said:
    January 25, 2007 at 2:31 am

    saya adalah sangat commit dg pelestarian penyu. Misi konservasi penyu di indonesia tdk hanya du Dep, Kehutanan tp juga di DKP. yang penting penegakaan hukum dalam pemanfaatan sumberdaya hayati laut include penyu. Konservasi penyu harus prioritas karena binatang itu milik dunia dan sudah jadi World heritage. tks

    qaqapradova said:
    February 7, 2007 at 2:17 pm

    penyu!!!??? lucu banget,sayang,hewan ini udah s9t langka di indonesia, banyak para penjarah yang mengambil keuntungan untuk diri sendiri d9n membunuh penyu

    gusti said:
    February 23, 2007 at 8:04 am

    mas saya mau ngambil skripsi tentang perlindungan terhadap penyu hijau, bisa kasi petunjuk gak tentang artikel2 yang menyangkut tentang perdagangan dan perburuan penyu hijau secara illegal yang terjadi selama ini. tank’s b4

    aldi said:
    April 8, 2007 at 8:57 pm

    mas / mbak / bu / pak.. aku mo buat majalah gratisan.. tapi aku ingin juga mengexplore tentang penyelamatan alam indonesia beserta kekayaannya.. salah satunya penyu hijau yg mau aku buat untuk salah satu isi di majalahku tentang penyelamatan penyu hijau atau mungkin sapa aja yg biasanya membuka tangan untuk menerima donasi biar aku masukkan sekalian datanya… klo bisa aku boleh gak minta foto penyu hijau yg high resolusi buat aku desain ttg penyelamatan penyu hijau ini.. thanks.. mohon petunjuknya..

    ijup said:
    April 21, 2007 at 8:56 am

    saya dari lembaga riset, kebetulan skr lgi dpt tugas untuk melakukan research ttg penyu di sukabumi. saya Mohon literatur kepada autor boleh?!
    khususnya kondisi dan inform penyu yang ada di sukabumi………..terimakasih…..!

    Cude said:
    May 15, 2007 at 12:30 pm

    saya sangat tertarik dengan hewan lucu Penyu,,,
    saya ingin lebih mengenal hewan ini,, mohon bantu literatur ya,, terutama dengan masa2 bertelur sang Penyu,.. terima kasih

    yankz20 said:
    May 21, 2007 at 5:10 am

    aku sangat tertarik dengan hewan penyu,dan aku juga prihatin denggan mulai berkurangnya spesies penyu di muka bumi ini,sehingga aku membuat sebuah peper memngenai Hewan lucu ini.mudah2an pemerintah lebih memperhatikan Hewan langka ini. Tanks.

    danan said:
    July 14, 2007 at 5:29 am

    “very interesting”
    mas,sy danan mahasiswa ipb yang sedang mengerjakan tugas akhir tentang bioekologi penyu sisik di TN. Karimunjawa. konservasi penyu saat ini di karimunjawa suah baikkarena adanya kerjasama antara pengelola BTN dengan masyarakat untuk melindungi penyu sebagai hewan yang dilindungi dan harus dipertahankan keberadaanya.untuk itu sy mau minta bantuan kepada mas untuk bersedia memberikan literatur tentang bioekologi penyu sisik. trima kasih

    anna adams said:
    July 27, 2007 at 1:11 pm

    Like other readers, would like more info on “kura-kura yang terancam punah”. Is ‘kura-kura’ the same with ‘penyu’ ?
    thank you kindly

    Andri said:
    August 27, 2007 at 6:12 am

    Penyu hewan yang menarik banyak hal yang ingin saya ketahui menenai hewan yang akan hampir langka ini

    Emma said:
    September 9, 2007 at 9:04 am

    Penyu_nya cantiq.

    Felix E. said:
    September 10, 2007 at 8:54 am

    hmm….kebetulan saya kesini lewat google……
    saya disini juga sebenarnya ingin mencari situs-situs tentang penyu yang termasuk hewan langka. Dan menurut saya situs ini memberikan informasi yang cukup lengkap untuk tugas saya..

    terima kasih

    angga krisnanda said:
    September 22, 2007 at 3:21 pm

    kalo bs penyu2 yag ada,hrs qt rawat meskipun bukan ternasuk hewan langka

    Penyoex said:
    October 3, 2007 at 9:17 am

    minta toLong dengan sangat…
    hentikan perburuan mereka….

    ilo said:
    October 6, 2007 at 2:38 am

    Wah, ternyata penyu hijau itu indah mas yo. tapi menurut mas kalo pencemaran dilaut semakin meningkat, apa yang harus kita lakukan agar penyu hijau yang cantik itu tetap terjaga kelangsungan hidupnya….

    zale said:
    October 6, 2007 at 3:30 am

    orang mana yg tega menghabisi hewan laut tak berdosa dan tak berdaya seperti penyu.

    triandiza said:
    October 28, 2007 at 4:14 am

    info: di kepulauan maluku banyak di jual sisik punyu dan telurnya. sampai kapan kiata sadar bahwa bodohnya kita : niatkan hati “selamatkan biota laut indonesia”. masih banyak biota laut yang keberadaannya terancam seperti kima (Tridacna and Hippopus), lola (Trochus nilaticus). mas kasih info tentang biota ini. thanks ya

    Dior said:
    October 30, 2007 at 2:06 am

    keren kok

    EE said:
    October 30, 2007 at 2:08 am

    APA SIH ANEH, CANDA KEREN KOK

    Danieel said:
    October 30, 2007 at 6:59 am

    keren abizzz

    selvia said:
    October 31, 2007 at 5:16 am

    keren abis bo

    land said:
    December 12, 2007 at 8:43 am

    tambahin informasinya dunk terutama penyu sisik

    hizam said:
    December 13, 2007 at 3:58 pm

    ada tambahan data baru ?, pembaharuan artikel ini sangat saya harapkan sebagi tambahan info dan kelengkapan literatur. terimakasih om.

    nIGht BuTtERfLy said:
    January 10, 2008 at 4:28 am

    wOw,vErY cUte! I like it!!!!!

    Al Mudzni said:
    January 27, 2008 at 4:05 am

    saya mahasiswa ilmu kelautan, kebetulan skr lgi mnyusun tugas akhir ttg penyu hijau trutama mngenai karakteristik lingkungan ideal di pulau jemur riau. namun seya terkendala dalam mndapatkan literatur2nya, jadi saya Mohon literatur kepada autor boleh?!
    khususnya mngenai judul saya td………..terimakasih…..!

    nda said:
    February 1, 2008 at 6:08 am

    wlaupun masih smster 1, tapi saya sangat concern bgt tntang penyu. saya harap mas bisa bantu saya memperoleh data2 yang lebih tentang penyu laut. saat ini saya sdang mlakukan konservasi penyu laut di daerah sukabumi.
    tolong y mas………….-nda uiN sayahid-

    AdA aJa !!! said:
    February 3, 2008 at 4:49 am

    Keren AbIeSSSSS!!!!!!!!!!

    evhye said:
    February 10, 2008 at 10:33 am

    thanks atas infonya. mau nax nich… apa sih kelebihan dari penyu itu selain bentuknya yang lucu sehingga banyak orang yang menyukainya????????????????????????????????????????

    ririn said:
    February 16, 2008 at 4:04 am

    mkch ya…………………. udh di kasih informasi??????????????

    Fajar said:
    February 17, 2008 at 9:32 am

    Keren bgd foto.nya.

    Mksh atas informasi.nya

    Aj said:
    February 21, 2008 at 1:47 am

    sebelumnya saya mau ngucapin Selamat untk kab.berau kaltim,karna udah punya pantai derawan yang indah n penyu2 yang lucu2,tp sayang….sepertinya kurang perhatian dari pemerintah,jadi keadaannya ya gitu dehhh….tolong di perhatiin dong pak…!!!thks

    benny said:
    March 2, 2008 at 9:13 am

    gw ingat ,ta sampe in ke teman gw.tenang aja

    tomy said:
    March 3, 2008 at 6:07 am

    gue pecinta penyu….so selamatkan penyu, atau bikin jejaring nasional penyelamatan penyu dan hewan2 langka. Kill human who destroy our penyu.

    etyker said:
    March 25, 2008 at 2:54 pm

    thw4thwthw5tj635uw6u

    yoki said:
    March 26, 2008 at 12:41 pm

    waduhh…napa sih namnya penyu hijau….padahal warna g hijau tuh…

    lyanda said:
    March 28, 2008 at 3:55 am

    sy mhsiswa biology FKIP unsyiah
    informasi’a menarik sekali…
    klo mas gk kberatan, tlg krm uraian yg lbh detail lg ya.. ttg cara / proses peneluran penyu….!!! truz klo bs + info ttg pmanfaatan penyu jg blh…
    trims_^

    Rosihan Anwar said:
    March 28, 2008 at 7:38 am

    apa yang dipaparkan cukup menarik dan sangat informatif…saya harap ada paparan yang lebih mendalam tentang masing-masing spesies penyu ini…baik dari aspek biologi maupun morfologinya sehingga pembaca lebih mengenal dan lebih faham tentang ciri khas dari masing-masing penyu tersebut…

    Terimakasih

    Rosihan Anwar S.St.pi

    AcHy_cUte said:
    April 5, 2008 at 2:40 am

    penyunya luthu bgt………..
    gw jga sukama informasinya……………………….._^

    inda idris said:
    April 7, 2008 at 10:39 am

    its interest for me
    mas,saya mau melakukan penelitian tentang perkembangan penyu.mohon bantuan tentang literatrunya….thanks

    ruk said:
    April 8, 2008 at 11:56 am

    terima kasih atas informasi tentang penyu….
    ayo lindungi hewan ini…:)

    ben 10 said:
    April 14, 2008 at 12:55 pm

    marilah kita sama2 lindungi haiwan ini . nak tahu macamana nak lindungi haiwan ini ………….
    lu pike la sendiri

    wong e& said:
    April 18, 2008 at 4:25 am

    how are u todaye

    manusia lakhnat said:
    April 18, 2008 at 4:26 am

    carikan brita hewan yang banyak dunkz!!!!!!!!!!!!!!!

    ROSSIE said:
    April 23, 2008 at 12:26 pm

    eh, tolong donk infonya yang lebih lengkap yah….!@#$%^&*()_+|

    ROSSIE said:
    April 23, 2008 at 12:27 pm

    woy, tolong add Y gw ah….! butuh prend neh…!!!
    (he….he…)

    ROSSIE said:
    April 23, 2008 at 12:28 pm

    maksudnya add YM gw…! gw cew loh….

    ikke said:
    April 24, 2008 at 1:11 pm

    msa sih penyu laut bs ke dapar dipesisir laut

    ai said:
    April 27, 2008 at 9:26 am

    mas saya dapat tugas dari dosen tentang ciri2 reproduksi penyu sisik, penyu hijau n penyu belimbing
    mas tolong ai ya…

    gus ari bali said:
    April 30, 2008 at 12:46 pm

    Saya mahasiswa kedokteran hewan unud, saya ingin mempelajari tentang reproduksi penyu laut!
    Saya ingin tanya apakah penyu menghasilan hormon sama seperti hewan yang lain?
    trims

    kier said:
    May 2, 2008 at 6:55 am

    tank’s tuk infonya……mas,saya sedang nyusun tugas akhir tentang habitat persarangan penyu belimbing,tapi literatruny masih kurang,tolong yaaaaaaaaaaa untuk infonya ….thank’s

    Bunga said:
    May 3, 2008 at 3:49 am

    Ihhhh PenYU”y luThu”….
    NpPA mEzTIII pUnahh ciEEE??????
    pDHAL gUw SlAH sTUU pENGGemaR hwAN pENYU loCHHH….!!!!

    rie said:
    May 9, 2008 at 11:50 am

    bisa ga minta paparan tentang reproduksi penyu hijau yang lebih spesifik???thx

    evi lestari r said:
    May 11, 2008 at 1:08 pm

    Saya sangat tertarik dengan penyu laut. Kemarin saya fieldtrip ke Pangumbahan, disana saya melihat penyu hujai yang melakukan peneluran ketika malam hari. Tapi, menurut pengelola setempat mengatakan, bahwa saat ini telah terjadi penurunan populasi penyu yang bertelur ke daratan….

    adrian dr smpn 216 yg keren bgd said:
    May 15, 2008 at 6:36 am

    hmmm lucu bgd c, penyunya, tolong lebih banyak dwunk informasi tentang penyu……..

    thax

    adrian dr smpn 216 yg keren bgd said:
    May 15, 2008 at 6:37 am

    tolong donk kasih tau tentang kehidupan sehari2nya yang lebih dalam

    ratnasari said:
    May 16, 2008 at 8:01 am

    ya memang kita harus lindungi hewan langka penyu oke juga…………………………………//////////////////????????????????

    maria& maya said:
    May 21, 2008 at 8:10 am

    UHH………. gimana ya ,qta dari dolo g pernah suka sama yang naanya hewan penyu tapi emang apa sich yang dibanggakan hewan penyu???????????????????????????????????????
    emang dia tahan awet muda ampe 100 thn tapi kok qta tetep g suka ya, truzz gimana nich?????????????????????????????

    Cegah Satwa Punah said:
    May 22, 2008 at 7:45 am

    Fotonya bagus-bagus….

    gn said:
    May 25, 2008 at 4:23 am

    PENYUNYA LUCU-LUCU.KALAU BISA JANGAN SAMPAI PUNAH YA!!!!!!!!

    siapa?? said:
    May 26, 2008 at 11:39 am

    AaYo ………………

    slamatkan smua hewan hewan langka!!!

    meskipun hewan itu kita benci, tapi jangan biarkan dia punah!!!!!

    aduh, apalagi buat si penyu ini….

    jangan sampe deh dia punah!!!

    sky said:
    May 30, 2008 at 1:37 pm

    sangat disayangkan hal ini masih terus terjadi ( pemburuan penyu ) di Indonesia. dimana hati nurani mereka yang sampai tega membunuh penyu demi kepentingan diri semata.

    ekawati said:
    May 31, 2008 at 6:28 am

    Thanks so much for your article. It helps my daughter a lot to fulfill the assignment from the biology teacher. It’s so helpful.

    EDWIN SETYADI KUSUMA said:
    June 13, 2008 at 4:06 am

    JANGAN BIARKAN HEWAN2 DI INDONESIA PUNAH

    JAGA KEUNIKAN2 & LESTARIKAN KEISTIMEWAANX

    APALAGI HEWAN LUCU,, IMOETHZ INI PUNAH

    kspl said:
    June 27, 2008 at 6:22 am

    sama-sama yuk jaga kondisi pantai kita supaya penyu yang naik ke pantai makin banyak dan supaya gue gak ngantuk-ngantuk banget pas monitoring buat nunggu penyu naek….

    Intan Kirana said:
    August 18, 2008 at 4:21 pm

    makasih informasinya kebetulan gue sedang mau buat makalah tentang pelstarian penyu.

    Saya~ said:
    September 4, 2008 at 7:24 am

    halo meN~ saya lagi butuh gambar hewan langka meN~ kira kira cari di mana Ya? tolong informasinya!!!!!

    JERI said:
    September 5, 2008 at 10:18 am

    haloww mass….ThaNKs buat perhatinnya trhdp PENYUUUUU ….YOW

    Natasia said:
    September 8, 2008 at 1:14 pm

    Harusnya pemerintah ngebuat penangkaran yang dalamnya ada kolam besar yg bawahnya di taruhi pasir,trus di isi air laut air laut & di tumbuhi lamun, abs itu do pinggirnya di kasih pasir, d seolah-2 kaya di Laut & pantai beneran, jd penyu bisa berkembang biak, klo dah berkembang biak, br d trh k laut lg…

    lesmana said:
    October 8, 2008 at 4:31 am

    Selamat Siang. Saya Lesmana mahasiswa FH UI,saya sedang mengerjakan tugas mengenai “tertangkapnya Penyu laut oleh jaring nelayan” boleh tanya mas, ada Lembaga khusus yang memfokuskan diri ke perlindungan penyu nggak? kalau ada boleh saya minta kontaknya. tx.

    addy said:
    October 15, 2008 at 3:11 am

    PeNyU dIiNdOnEsIa MeStI dIjAgA n DiLeStArIkAn..
    KaLO gA BiSa PuNaH Tu !!!

    ihksan mayel said:
    October 18, 2008 at 1:23 pm

    saya TA nanti, insya allah ambil soal penyu. tlg, dengan sangat berikan informasi tentang brp byak penyu d dunia yg masih survive?
    jenis? dan perdgangan ilegalny? apa ada prlindungan unt si cantik ini?

    aldi said:
    October 19, 2008 at 9:20 am

    makasih ya^^

    mnoor said:
    October 21, 2008 at 2:50 pm

    LUAR BIASA ANUGERAH TUHAN AKAN MAKHLUK HIDUP SALAH SATUNYA ADANYA PENYU HIJAU TOLONG LESTARIKAN UNTUK ANAK CUCU KITA.AMIN YA ROBBAL ALAMIN.MN

    iNthAn said:
    October 28, 2008 at 12:09 pm

    that’s a great information,,

    i like it so much

    inThan said:
    October 28, 2008 at 12:19 pm

    haruz di lestariin tuh..!!

    biSa bisa anak cucu gue cuma liat nyamuk, lalat, n semut ja…,

    Herza Y said:
    November 1, 2008 at 4:24 am

    Kami baru memulai untuk mendukung masyarakat melakukan penyelamatan penyu di pantai barat Lampung, mohon teman teman datat memberikan masukan ke kami. terimakasih

    anjas said:
    November 6, 2008 at 2:12 pm

    waw eren bgt yh hwn di indonesia

    dito said:
    November 19, 2008 at 7:59 am

    saya mahasiswa keLautan ipb, mau skripsi tentang migrasi penyu. pnya info tntng tagging penyu ga, mksdnya ada instansi yg bisa saya ikuti untuk tagging penyu. data yg mau saya teliti dalam migrasi penyu kurang Lebih suhu, ketinggian jelajah, salinitas sama aktifitas.

    full said:
    November 20, 2008 at 7:01 am

    Salam Kenal! Saya mahasiswa UNDIP.sedang nyelesaiin skripsi habitat peneluran dan pengelolaan penyu.skrg dah bab akhir sih tp msh byk literatur yg aku butuhin. bisa bantu kirim literatur g mas?
    Thanks.

    salam hangat di dalam sarang.

    Abang said:
    November 20, 2008 at 9:42 am

    Salam kenal MAs! saya mahasiswa Unila penelitian tentang Penyu. tapi masih kekurangan literatur. bisa minta kirim literatur gk Mas?
    Trims..
    Salam Lestari!!

    Rissa said:
    November 23, 2008 at 9:47 am

    Bagus banget, ada fotonya pula!

    pupuT said:
    December 16, 2008 at 3:59 am

    apa sich arti penyu sebenarnya?

    nurul said:
    December 17, 2008 at 2:07 pm

    salam…
    wlaupn artkel ni dah lm bngt,,,pi msh jg buat sya tertarik….
    kbtulan sya suka bgt ma penyu…mgkn krna lelet@ sm kay sya kale y….hehe…
    oa ank penyu yg bru netas@ imut bgt….

    c u….

    hydan said:
    January 5, 2009 at 8:46 pm

    GOOD luCK…..gw dukung banget 2…bukan hanya pelestarian penyu saja tapi semuanya………….

    viNdrA said:
    January 6, 2009 at 10:29 am

    aduh aduh msh gk tau aj tuh nelayan masih aj bunuh hewan yg gk berdaya

    viNdrA said:
    January 6, 2009 at 10:38 am

    ui disini spa yg ank smp 08 depok kenal gk sama gw ….. ????? zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

    penyu lekang said:
    January 10, 2009 at 12:55 pm

    silhkan kunjungi Blog saya tentang penyu mungkin ada masukan kritik ataupun saran karena kita harus melindungi penyu.
    FREEDOM for SEA TURTLES!

      oktavianuschandra said:
      November 7, 2015 at 3:59 pm

      Dimana ya tentang penyu semuanya di tempatnya

    penyu lekang said:
    January 10, 2009 at 12:56 pm

    Blog Saya lekang.wordpress.com dan banyak lagi link nya silahkan lihat sendiri di Blog saya

      oktavianuschandra said:
      November 7, 2015 at 4:05 pm

      5612b2b2 pin saya mas mw tanya tentang penyu †Q°⌣° mas

    pantai kuta said:
    January 10, 2009 at 12:58 pm

    Silahkan datang ke Pantai Kuta – Bali di situ ada penyu lekang yang mendarat pada bulan maret s/d Agustus

    annizt muudhh said:
    January 13, 2009 at 7:01 am

    duuh..biarpun guw byund banyak tau soal penyu, tp ksian juju iia !!!
    lama2 binatang2 dunia mulai punahh..
    hiks..hiks..

    agungsmile said:
    January 17, 2009 at 12:15 pm

    waduh penyu memang musti kudu harus dilestarikan.

    Barusan saya malah dengar dari kawan ada lagi kasus perdagangan penyu secara ilegal. waduh waduh, nih penyu kasihan banget hidupnya.
    yok ah kita jaga si penyu biar tetep lestari.

    ningnong said:
    January 19, 2009 at 9:35 am

    setuju… memang penyu perlu dilestarikan… dia binatang yg imud sangat…
    btw, ada g to peta indonesia yg dah dilengkapi informasi daerah2 mana aja yg jadi t4 konservasi penyu??? pengen tau… trims…

    rany said:
    March 8, 2009 at 1:50 am

    hewannya imut2…..

    bella a. p. said:
    March 13, 2009 at 9:46 am

    ini bnerrrr btul khan klo clah awas ajj

    miss O..M..G.. said:
    March 26, 2009 at 12:52 am

    IYA NIH…KASIAN

    ifHa_cTe said:
    March 26, 2009 at 4:35 am

    kaCiyan y dngan pEnyux

    Mr.PENYAYANG PENYU said:
    March 27, 2009 at 12:47 pm

    kasian tuh penyu2ny
    coba manusia digituin
    kira2 mw g y????

    ochied said:
    March 30, 2009 at 2:51 am

    klo bisa semua binatang langka yang ada di dunia ada disini+informasinya+fotonya

    شكراكثيرا

    umi said:
    April 1, 2009 at 5:09 am

    sungguh menyenangkan jika setiap individu mempunyai kesadaran untuk ikut melestarikan mahkluk hidup termasuk penyu hijau yang cantik

    septiki said:
    April 23, 2009 at 7:45 am

    wahh!!! pnyunya lcuuu bnget
    wah tp sayangg penyu nya hmpr pnah
    aq doain deh smoga penyu cntik yg langka ini dpt berkembang biak shngga tdk pnh.aminnnnnnnnnn

    mizt realistizt said:
    April 26, 2009 at 7:43 am

    sbenernya kalo dipikir lebih jauh ..
    global warming ,, dan kepunahan2 binatang2 tuhh emang gga bisa dihindarin ,, ntu smwa adlah akibat berdirinya sbuah pradaban manusia yang terus mnerus mngalami modernitas ,,

    tapiii ,, qta sbagai pnikmat modernitas ntuu harusnya bukan cmaa punya ksadaran ,, tpii jgaa harus pnya kbiasaan2 bae yang bisa nyametin mother earth nd sgala isinya ,,

    contohnya: one man, one tree, so, let’s go green

    wildan abdul azis said:
    May 5, 2009 at 8:40 am

    baguuuuuuuuuuuuuuuuus

    ariq said:
    May 13, 2009 at 1:37 pm

    bagus bagus 😀

    febi said:
    May 15, 2009 at 2:11 am

    oCe………..eeeeeeeee

    laila says said:
    May 15, 2009 at 9:53 am

    bagus neeech buat pengetahuan
    keyy

    slm kenal

    laila said:
    May 15, 2009 at 9:54 am

    jgn sampe kita musnahkan semua ini

    laila said:
    May 15, 2009 at 9:55 am

    tuk kepentingan kita jug looooch

    jek said:
    May 25, 2009 at 2:31 am

    bagus

    Seni Kerajinan Tangan Dari Sampah said:
    May 27, 2009 at 9:41 pm

    Semoga tidak ada lagi pembantain penyu laut untuk alasan apapun. Bravo penyu laut!!!!!!!!!

    Salam
    Subandi Rubbish Artist

    Sherry said:
    July 20, 2009 at 6:10 am

    I Think I Love It

    hariruwanci said:
    August 7, 2009 at 5:23 am

    untuk pelestarian penyu… harusnya pemda juga turut memberikan perhatian serius.

    dalam setahun terakhir, Pemda Wakatobi telah berhasil menekan angka penangkapan penyu laut yg ada di Kab Wakatobi. Bahkan, Pemda Wakatobi akan membangun stasiun pemantau di tiap pulau di Wakatobi.

    rhyno said:
    August 22, 2009 at 6:59 am

    Ma kasih infonya mas. hati sy jadi bergetar liat foto2 di blog anda

    wewe said:
    September 1, 2009 at 11:08 am

    ?????????

    kokfgno said:
    October 20, 2009 at 3:30 pm

    hebat hebat

    bagus said:
    October 20, 2009 at 3:31 pm

    bagus bagus
    😀
    :p
    🙂

    bagus said:
    October 20, 2009 at 3:32 pm

    😦
    :*
    😮

    orgil said:
    October 20, 2009 at 3:33 pm

    aku cinta shellen!!!!!!!!!!!
    hahaha

    nadya rahma suci said:
    October 23, 2009 at 3:23 am

    ngegemesin dech..pokoknya.dan harus terus di lindungi

    salam nadya rahma suci

    NadYa rAhMa sUcI said:
    October 23, 2009 at 3:31 am

    w seneng bz ngeliat penyu laut yang cwantik ky w.NARSIS dech He….He….HE.DAN MANIZ SPERTI W LG.POKOKNYA W CUMAA BILANG HARUS RAWAT DY SAMPE G PUNAH.

    Anonymous said:
    October 25, 2009 at 8:24 am

    ou .. ou
    pnyu ntw ucHulLd iyy ,,,

    amel said:
    October 31, 2009 at 8:04 am

    wow!thanks ya!tpi gmana cra kta nglindungin penyu?kalo aku malah ngelindungin kura2.dirumah ada 1.udah 6 tahun aku sama dia.namanya rara.

    Anonymous said:
    November 3, 2009 at 2:10 pm

    cantik banget dech….1
    ^_^

    meidy said:
    November 9, 2009 at 10:50 am

    thanks,,, thats very wonderful,,, i will use it for my job,,, thanks .. 🙂

    paul said:
    November 15, 2009 at 1:53 am

    aaaa…..
    penyu’a lucu bgt tqpi sayan kalau sampai punah. kita sebagai generasi bangsa harus menjaga kelestariannya, bukan cuma penyu aja tpi satwa yang lain juga dong!!!!
    ya ga?

    thx ya!!!!

    Novhe said:
    November 19, 2009 at 1:01 pm

    lucu…..
    saiiank bgd qlw punah….
    knp msty jualain telur penyu mndng jualin tlr ayam khan byk…

    Sandi said:
    December 7, 2009 at 7:29 am

    wew hewan ini sangat berbahaya banyak untung nya, bisa dijual kulit nya krn emas . lumayan untuk pergi ke ozon ozon

    angga said:
    December 10, 2009 at 2:45 am

    Mas nama saya angga saya sedang menyusun TA untuk wisata pengamatan penyu di inodesia. Tama Nasional Alas purwo, saya membutuhkan literatur mengenai penyu di indonesia, tolong kirim ke email saya gayuh_angga@ymail.com terikasih sebelumya, ditunggu secepatnya dan salam konservasi dunia

    astrida nurviani said:
    February 22, 2010 at 1:19 pm

    eh ikan2 itu kasian taui
    makanya kita harus melestarikan hewan laut
    agar tidah punah

    evi said:
    March 19, 2010 at 3:03 am

    ya amoyuuuuun kasian tau penyunya

    yogie said:
    April 23, 2010 at 6:42 am

    menarik..
    maksi info nya…

    Thousyinhesse said:
    May 17, 2010 at 2:38 am

    Just want to say what a great blog you got here!
    I’ve been around for quite a lot of time, but finally decided to show my appreciation of your work!

    Thumbs up, and keep it going!

    Cheers
    Christian, watch south park online

    dedi iwan pramono said:
    August 16, 2010 at 3:26 pm

    mas saya mau tanyakatanya kebanyakan jenis habitat penyu itu berpindah pindah dari satu habitat satu kehabitat yang lain selama periode tertentu. tolong di jelasin maksud periode itu mas. terima kasih

    dedi iwan pramono said:
    August 16, 2010 at 3:27 pm

    mas saya mau tanya. katanya kebanyakan jenis habitat penyu itu berpindah pindah dari satu habitat satu kehabitat yang lain selama periode tertentu. tolong di jelasin maksud periode itu mas. terima kasih

    Anonymous said:
    August 27, 2010 at 11:20 am

    kariyono said:
    September 15, 2010 at 1:17 am

    penangkaran penyu di tnapurwo dibesarin, kayak yg ada di sukomade

    Delia said:
    November 15, 2010 at 1:55 pm

    baguus, boleh minta dikit buat blog aku ya?hehe

    cinta jelyscha said:
    November 19, 2010 at 2:10 am

    hai………..gue icha cuma ingin katakan knpa sich hewan hewan imoet begini harus punah????????????????????bkankah seharusnya di lestarikan agar bertambah.heran deh gue……………

    ninamilks said:
    November 19, 2010 at 2:28 am

    Wah, banyak yang sepeminatan disini, senang 😀 terima kasih artikelnya Pak, bagus sekali.. Oh, ya salam kenal, saya Nina mahasiswi Biologi UI, saya juga berencana menulis skripsi biologi tentang konservasi penyu, mohon bantuan link serta bahan bacaannya jika berkenan.. terima kasih banyak ^^

    Nadia said:
    January 2, 2011 at 1:47 pm

    Di Pantai Padang Sumatera Barat, banyak pedagang yang menjual telur penyu, masyarakat di sana menyebutnya telur katuang. Bukankah itu ilegal? tapi kog sepertinya dibiarkan saja oleh pemerintah setempat.

    aulia maniezzz... said:
    February 8, 2011 at 2:49 pm

    huft…… kcian bget yach,,,,, emnk bner2 kyaknya ga pnya blas kasihan a5 mreka kalo smpe mreka ngbunuh mreka cman bwt dmanfaatin

    ayue_ajch said:
    April 2, 2011 at 9:32 am

    infonya tambah lagi dunk

    Quincy Ewert said:
    April 25, 2011 at 11:31 am

    Useful info. Lucky me I found your web site by accident, and I’m surprised why this coincidence did not happened in advance! I bookmarked it.

    Jual Harga Logam mulia said:
    October 7, 2011 at 12:38 am

    Jual Harga Logam mulia terkini…

    […]Penyu Laut (Hewan cantik yang tergusur) « Lingkungan Ekosistem Pesisir[…]…

    afal said:
    October 16, 2011 at 3:53 am

    thanks buat postingannya
    dengan postingan ini saya dapat bisa mengerjakan tugas

    made kanta,tcec said:
    November 12, 2011 at 6:43 am

    sive the sea turtle
    saya dari:TCEC,serangan bali densel (turtele consirvasi n educecion center)
    ikut berpatisiasi tentang penyu, mri kata sama” mlakukan penyelamatan peyu biar gk punah

    Gloria_Dulp said:
    January 31, 2012 at 6:55 pm

    masturbation stoiries cumming blowjobs shannon more pornstar disney channels xxx video porno es pam piscitelli new brunswick sex milf bisex lesbian porn preveiw videos mobile ebony sex lady gaga got ass comic-toons porn philippine sex scandal picture veterinarian sex girls fucking strippers armpit licking lesbian milfs peeing pics and vids keely hazell sex tape free gorilla mask sex sango and miroku having sex erotic sex pictures

    agnes said:
    February 22, 2012 at 5:37 am

    hewan cantik yg satu ini harus diselamatkan
    STOP STOP STOP berhentilah menangkap merekah.
    moga undang undang perlindungan satwa langkah termasuk penyu tidak hanya sebatas wacana tapi harus diterapkan.aparat terkait harus lebih proaktif

    website said:
    May 27, 2012 at 4:59 pm

    You need to really moderate the comments listed here

    Anonymous said:
    June 25, 2012 at 2:58 pm

    Saya suka dengan Info yang ada di sini . Tetapi saya mahu bahasa malayu 🙂

    Anonymous said:
    April 19, 2014 at 12:30 pm

    aku nyaritugas tentang tehnik laboratorium ekologi aku fokuskan ke penelitian penyu hijau ,,,,bantuin ya mas

    Mezo Llanas said:
    April 21, 2015 at 1:48 am

    Right here is the right site for anybody who wants to understand this topic.
    You know a whole lot its almost tough to argue with you (not that I actually will need to…HaHa).
    You definitely put a new spin on a subject which has been discussed for many years.
    Wonderful stuff, just great!

    okta said:
    November 7, 2015 at 3:52 pm

    Dimana beli penyu yg kecil yg masih baby

    okta said:
    November 7, 2015 at 3:55 pm

    Dimana beli penyu yg kecil yg masih baby and saya ingin melihatnya tentang penyu

Leave a Reply

