Keanekaragaman Hayati Laut

Posted on Updated on

Oleh Ma’ruf Kasim

Biodiversity yang merupakan perpajangan diri istilah biological diversity di kenal dengan “Keanekaragaman hayati” dan merupakan pengistilahan dari seluruh mahluk hidup tingkat tinggi (hewan dan tumbuhan) maupun tingkat rendah (micro-organisma) serta seluruh komponen lingkungan fisik, biologi dan ekologi.  Istilah ini juga menggambarkan kekayaan organisma hidup yang ada pada suatu kawasan tertentu.  Di dunia terdapat lebih dari 1.75 juta jenis dari organisma yang diketahui dan ini terus berkembang sesuai dengan perkembangan pengkategorian penemuan jenis sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan.  Sampai saat ini pun penggolongan jenis dari organisma belum sepenuhnya mengungkapkan seluruh jenis hewan, tumbuhan dan micro-organisma yang ada di dunia. 

 

 

Image hosting by Photobucket

Hampir sekitar 3 – 100 juta jenis yang belum di ketahui yang tersebar di seluruh kawasan-kawasan khusus yang belum sepenuhnya tereksplorasi. Satu di antara tiga pengkategorian keanekaragaman hayati adalah keanekaragaman hayati tingkat genetik yang dikenal dengan Genetic Diversity. Keanekaragaman genetik ini merupakan unsur terkecil dari pengkategorian keanekaragaman hayati. Level ini merupakan bagian dari keanekaragaman tingkat spesies (species diversity) yang ada dalam suatu populasi dan mencegah proses interbreeding serta pengaruh dari perubahan lingkungan, penyakit dan pengaruh fisik lainnya. Level terbesar dari keanekaragaman hayati ini adalah keanegaraman hayati tingkat ekosistem yang dihuni oleh pupolasi-populasi hewan atau tumbuhan tingkat tinggi dan rendah yang berada di laut, pantai, sungai, danau, rawa, padang rumput, daerah batuan, hutan, padang pasir, pegunungan, perbukitan, lembah, dan lain-lain.

 

 

Image hosting by Photobucket

sumber foto : adlumintu.com 

Pada tahun 1992, di Rio de Janeiro, telah di sepakati dua ketetapan yaitu konvensi perubahan lingkungan global (Climate change) dan keanekaragaman hayati (Biological diversity).  Perjanjian ini merupakan perjanjian pertama secara global dalam upaya konservasi sumberdaya termasuk upaya perlindungan keanekaragaman hayati yang harus di tindak lanjuti oleh tiap Negara dengan upaya perlindungan sumberdaya keanekaragaman hayati secara rill.  Lebih dari 180 negara di dunia yang sekarang telah melaksanakan konvensi tentang keanekaragaman hayati tersebut.  

Image hosting by Photobucket

Secara umum perjanjian tersebut mempunyai tujuan antara lain; upaya perlindungan dan konservasi keanekaragaman hayati, Pemanfaatan yang arif dan berkesinambungan dari tiap komponen biodiversity tadi dan terakhir adalah penyelarasan peningkatan pemanfaatan sumberdaya yang dilakukan secara komersil atau upaya pemanfaatan sumberdaya dari tingkat terkecil yaitu genetic biodiversity secara arif dan dengan tetap memperhatikan unsur-unsur pelestarian.

Image hosting by Photobucket

sumber foto : scouts-troinex.ch

Namun upaya ini perlu lebih di sesuaikan dengan kondisi Negara masing-masing dengan melihat seluruh aspek pendukung dan potensi negara masing-masing.Khusus dalam upaya konservasi sumberdaya bidang kelautan yang merupakan bagian dari konvensi biodiversity ini di tetapkan di Jakarta tahun 1995 yang dikenal dengan “Jakarta Mandate on Marine and Coastal Biological Diversity. Konvensi ini merupakan program aksi khusus yang di fokuskan pada upaya manajemen wilayah pesisir dan kelautan secara terpadu, pemanfaatan sumberdaya kelautan yang berkesinambungan, perlindungan area tertentu, upaya budidaya kelautan dan penanganan alien spesies.  Ini merupakan pioneer dari seluruh upaya perlindungan keanekaragaman hayati kelautan yang akan ditetapkan oleh sebagain besar Negara yang mempunyai potensi kelautan serta seluruh aspek pendukungnya.

Image hosting by Photobucket

sumber foto : sailingisues.com

Indonesia sendiri mengaplikasikan upaya tersebut dengan berbagai program-program kerja dan peraturan pemerintah yang menyentuh pada upaya pelestarian sumberdaya pesisir dan kelautan serta adanya kawasan-kawasan konservasi dan taman laut nasional.  Wujud rill lain tentunya telah dan tetap di lakukan baik itu sebelum dan sesudah penandatangan perjanjian tadi.  Namun upaya serius masih tetap diharapkan lebih banyak, tentunya dengan melihat potensi tiap daerah atau kekhasan keanekaragaman hayati yang ada dan bukan saja dengan upaya perlindungan hewan atau tumbuhan endemik tetapi juga dengan upaya penyelamatan ekosistem yang telah rusak dan lambat laut hilang.

Image hosting by Photobucket

Advertisements

54 thoughts on “Keanekaragaman Hayati Laut

    cimot said:
    May 17, 2006 at 5:52 am

    menurutku pelestarian biodiversity d indonesia msh sangat kurang n terlalu memilih dlm pemilihan biota serta lokasi.
    kasian org2 indonesia yg kebanyakan melakukan tindakan konservasi terhadap biota hanya tergantung pd proyek ato dana yg ada n after that, its nothing….wow
    sgt sulit menemukan org2 indonesia yg betul2 tertarik pd pelestarian biota laut tanpa ada maksud lain d dlmnya
    kasian lautku n lebih kasian lg teman2ku yg berada di dlmnya
    btw tulisannya hebat, salut deh.
    thanks

    cepris said:
    June 14, 2006 at 2:51 pm

    gambar-gambarnya keren, ngambil sendiri ya?

    sari said:
    August 6, 2006 at 4:32 am

    wah…keren abies dech…bukan cuma tulisan n foto’y doank… tapi, kata2’y juga keren….

    Cinta said:
    August 27, 2006 at 12:27 pm

    Wah….bagus banget artikelnya !!! Fotonya itu lho… INDAH BGT !!!

    nusantara said:
    September 19, 2006 at 8:07 am

    keanekaragaman hayati tidak hanya terjadi pada kawasan pesisir laut saja, Nusantara merupakan contoh keanekaragaman penduduk yang nyata kita lihat. namun perkembangan jaman dan ambisi manusia, kemajemukan tersebut kurang diperhatikan dan hanya berlaku hukum standarisasi dan konsentrasi yang mematikan potensi daerah masing-masing. kearifan yang tumbuh di tiap wilayah berubah menjadi ambisi materi yang tidak pernah puas meskipun ada setitik harapan yang masih peduli pada lingkungan dan manusianya.
    terima kasih atas tulisannya, semoga banyak orang yang sadar akan keberadaan mereka

    Anonymous said:
    September 20, 2006 at 7:04 am

    ok banget,

    Hasby said:
    February 26, 2007 at 11:34 am

    Keren,
    Kebetulan saya lagi belajar tentang yang saya cari, tulisan bapak cukup membantu saya dalam menelusuri katalog yang lain…

    Hasby said:
    February 26, 2007 at 11:34 am

    Keren,
    Kebetulan saya lagi belajar tentang yang saya cari, tulisan bapak cukup membantu saya dalam menelusuri katalog yang lain…

    ghylcha said:
    February 27, 2007 at 7:04 am

    wah,,bagus banget tulisannya,pak!! apa om aja saya manggilnya.. kebetulan,saya suka banget sama paus dan kalo ada grup pelestariannya aku mau ikut loh..

    anisa said:
    March 6, 2007 at 4:44 am

    those are a wonderful photos. But it sad to see a huge murderer of whales. People……..can we just let them died with natural ? Keep on writing Sir, hope someday Indonesian people will understand that we the one who need the environment, thats why we the one who can keep them so.

    WINDARSIH said:
    April 30, 2007 at 6:40 am

    SAYA ingin tahu lbh banyak tentang ilmu pengetahuan dunia dantolong informasinnya di kirim ke alamat e-mail saya.

    gultom sujadi said:
    May 8, 2007 at 9:06 am

    DALAM PELESTARIAN KEANEKARAGAMAN HAYATI JUGA HARUS MEMPERHATIKAN MASYARAKAT SEKITAR DIMANA KEHADIRAN MASYARAKAT JUSTRU AKAN MEMBANTU DALAM PELESTARIANNYA BUKAN SEBAGAI PENGHALANG

    ari suarman said:
    August 14, 2007 at 2:32 pm

    it,sgod

    Dika said:
    September 20, 2007 at 1:53 am

    AsWb…
    Keanekaragaman hayati memang perlu dilestarikan dan tetap terjaga karena dengan keanekaragaman hayati menciptakan keseimbangan ekologi yang ada di bumi serta manfaatnya dapat dirasakan oleh manusia juga.
    WsWb…

    Oktovianus Sahulata said:
    October 9, 2007 at 5:53 am

    Thanx pak, bagus bangat tulisan dan fotonya. Semoga menggugah semua yang membaya untuk melestarikan keanekaragan hayati Indonesia. Pak… tolong juga tulisan tentang Kuda Laut di Indonesia dong… jarang bangat tulisannya. Thanks again.

    ChiEChszT said:
    October 21, 2007 at 3:17 am

    aYOoo…ORanG InDonEsIa CinTa Ma NeGrI SenDiRi

    JaDi BaNgga deh jadi salaH sAtu MaNusIa PerIkaNan (maHasIsWa PerikaNan makSudnYa)

    rizky said:
    November 10, 2007 at 8:32 am

    o.k man ^_^ after reading this article i feel important for me !sumpe deeeeeeeeeeeeeeeh~gua ngk bklan bo^oong

    fifi said:
    December 4, 2007 at 6:15 am

    dah yah q g,,,,,,,mau jelasim

    gs said:
    January 10, 2008 at 2:55 am

    Bagus,saya link di blog saya yah..
    kebetulan sy jg tertarik di bidang lingkungan…

    boby said:
    January 17, 2008 at 6:23 am

    cupu

    misya said:
    January 21, 2008 at 3:42 am

    nie cakep bgt yupz i liket…………saya seneng bgt ma ikan laut

    monokurobo said:
    January 21, 2008 at 3:51 am

    aq rasa alam indonesia itu bagus tapi karna orang-orangnya tdk ada yg mensyukuri nikmat allah jadi rusak deeeeeeeeeeeeh.

    ary said:
    January 26, 2008 at 2:40 am

    hey……….gambarna menarik

    nEyNa said:
    March 7, 2008 at 7:38 am

    aaddddddddwwwwoohhhhhhhhh ,,,,,,,,,,,

    bgs bt ce foto2 na ,,,,,,,,,,,,

    kerenzzz

    […] Keanekaragaman Hayati Laut […]

    Renadta said:
    April 14, 2008 at 4:04 am

    Bgus deh tuh nambah ilmu n jg kata katanya ilmiah banget

    ROSSIE said:
    April 23, 2008 at 12:31 pm

    kerenz banget bro…!!! gw suka tuh…!!!

    ROSSIE said:
    April 23, 2008 at 12:32 pm

    info-nya yang lengkap yah..!!!! sayang donk, da foto, info-nya ga lengkap…!!

    liltrouble said:
    May 12, 2008 at 6:10 am

    we have to save our nation.krn d indonesia tuh tinggal dkit keanekaragamannya so kita harus jaga smua itu

    ziia said:
    June 19, 2008 at 11:56 am

    lucu banget deh anak pinguinnyaaa… mau dunk melihara… tapi di bandung mah gak ada salju uy… hehe…

    fahrezi said:
    September 21, 2008 at 2:42 pm

    pengen bgt bs belajar kaya gt….gue pengen jd seperti a
    nda

    fahrezi said:
    September 21, 2008 at 2:45 pm

    ni gue mahasiswa UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
    ……tg pengn bs banyak tentang biologi krn gue ank biologi

    lia said:
    October 22, 2008 at 1:06 pm

    gambar n’ informasinya keren bagus !!
    biologi top abizz dah…

    anto said:
    January 1, 2009 at 6:16 am

    Keanekaragaman merupakan Suatu hal yang unik, menarik, dan indah

    aku said:
    January 18, 2009 at 7:13 am

    ckckck…
    indonesia baguuz2 gini kok yha ndag dijagaa…
    caiiooo buwad para pahlawan2 lingkungann..!!

    dedy said:
    February 15, 2009 at 7:47 am

    Syukron maz….
    jadi masukan ane tuk finishing tugas yang ada ! s x lg Syukron….

    BRian Cr7 Redemptus said:
    August 28, 2009 at 1:10 pm

    ok

    gilang said:
    October 28, 2009 at 8:45 am

    begitu indah ciptaan allah,,…
    tapi kenapa msih banyak jg tangan2 yang tak bertanggung jawab….
    lestarikan lah alam ini……..

    yutiaroh said:
    May 12, 2010 at 12:52 am

    tambah dong …. informasi yang lain

    rina said:
    June 1, 2010 at 11:54 am

    wesssss….bgs bng gmbar`y bo!!!
    curiga pngen ikt ngomen neee….

    Anonymous said:
    July 23, 2010 at 7:54 am

    waw bagus juga ya

    Anonymous said:
    July 25, 2010 at 6:51 am

    keren lalu

    yuyou said:
    September 18, 2010 at 10:19 am

    Biodiversitas slalu terancam ledakan jumlah penduduk, polusi, pemanfaatan berlebihan tambah lagi pemanasan global… Smakin kritis dn mungkin udah skarat skrng ini, manusia lebih baxk mengambil ketimbang memelihara? Hmmm susah mwu nyadarkn orng lain low qta sendiri secara tdk langsung jdi salah satu penyebabx

    Anonymous said:
    October 8, 2010 at 8:15 am

    btpa indahnya laut2 indonesia akan tetapi kita tak bsa mnjganya semoga laut indonesia laut yg ter indah se dunia amin………… yya allah

    Pelestarian Laut « Novita's belajar ng-Blog said:
    October 18, 2010 at 7:16 am

    […] Keanekaragaman Hayati Laut […]

    santi said:
    October 28, 2010 at 9:06 am

    nice post

    chy-ci said:
    January 15, 2011 at 7:01 am

    huft””””’
    keanekaragaman hayati laut Qta udah kerennnnnnnnnnnnnn……..
    SO’ jgn dirusak donkkkkkkkkkkkkk……..

    della dwi said:
    February 10, 2011 at 7:57 am

    I like it.
    q suka banged ma artikel saya
    pumpung gi cari tugaz.
    thank’s

      WIEWIENA & FRIEND'ZZ SAY'Z said:
      February 11, 2013 at 2:26 am

      MACA CIH MIR APAHH?????????????????????????????????????????????????

    ifaipatifa@yahoo.com said:
    April 11, 2011 at 12:25 pm

    wow.!keren..banyakin lagi dong artikelnya jadi,kalo ada tugas biar aga banyakan dikit.mwhahahhaa

    santos latu said:
    August 26, 2012 at 12:23 am

    berikan gambaran kepada kami tentang penemuan spesies baru di laut, thx

    ernae n friendd said:
    February 11, 2013 at 2:17 am

    bagus banget yachh ciptAan MAHA kuasAAa

    WIEWIENA & FRIEND'ZZ SAY'Z said:
    February 11, 2013 at 2:20 am

    pesan buwat tmn2 JjgAa keanekaragaman KITA yuAachhh

    OKKKKKK aLL

    navira said:
    January 20, 2014 at 1:08 pm

    ooh gitu yha, tp sayanng kurang lengkap lah???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s