Salam Kenal.

Saya menyelesaikan Program S3 (PhD) di Hokkaido University (Maret 2006) untuk  bidang Ekologi Laut khususnya ekosistem pantai.

Sengaja saya buat beberapa bahasan tentang ekosistem Pantai Indonesia di sini dan beberapa aspek ekologi yang mungkin bisa di baca untuk memberikan sedikit gambaran tentang betapa besarnya manfaat lingkungan ekosistem Pantai di sekitar kita.

Kadang kita tidak menyadari kalau kita sangat tergantung pada lingkungan ekosistem pantai lebih dari 60 % dari kebutuhan harian kita.  Ini belum termasuk kepuasan batin akan keindahannya yang kita nikmati, namun  lambat laun dan dengan pasti Keindahan itu akan hilang.

Jika anda pernah menyaksikan panorama Pantai yang putih dengan bau khas laut yang unik, keindahan bawah laut dengan ekosistem lamun yang hijau, keunikan pantai mangrove dengan beribu hewan dan tumbuhan yang khas, keindahan terumbu karang yang penuh dengan jutaan hewan dan tumbuhan cantik.  Atau pun jika anda lebih jauh melihat keindahan struktur dari Diatom (phytoplankton).  Maka sekarang keindahan itu telah mulai tergusur oleh keegoan dan ketidak arifan manuasia sebagai pengubah langsung ekosistem tadi.

Sanggup kah keindahan yang amat sangat berharga itu kita  pertahankan.  Semoga.

(Ma’ruf Kasim)